Perawatan Mesin Usaha Cuci Motor Mobil

 

 

 

1.         Hidrolik Motor dan atau Hidrolik Mobil Type H atau Type X

Hidrolik Motor dan atau Hidrolik Mobil Type “H” atau Type “X”bekerja atas adanya dorongan tekanan angin dari kompresor angin. Oli yang terdapat di dalam tabung Hidrolik Motor dan atau Hidrolik Mobil Type “H” atau Type “X”hanya berfungsi sebagai media transfer dari tenaga dorong angin menjadi tenaga dorong mekanik.

Cara kerja Hidrolik Motor dan atau Hidrolik Mobil Type H atau Type X:

-            Jika ball valve 1 (gambar A) yang menghubungkan antara pipa angin utama di buka, maka secara cepat tekanan angin akan mengalir ke tabung Hidrolik Motor dan atau Hidrolik Mobil Type H atau Type X. Tekanan angin tersebut akan berinteraksi dengan oli yang terdapat dalam tabung Hidrolik Motor dan atau Hidrolik Mobil Type H atau Type X. Akibat daripada interaksi tersebut, maka piston dari dalam tabung Hidrolik Motor dan atau Hidrolik Mobil Type “H” atau Type “X”akan secara perlahan keluar dari dalam tanah. Piston ini akan mendorong kendaraan yang berada diatasnya.

Gambar A

 
Kontrol panel hidrolik motor mobil

-            Lakukan proses buka tutup pada ball valve 1 secara perlahan. Lakukan hingga ketinggian yang diinginkan tercapai.

-            Setelah ketinggian yang diinginkan tercapai, tutuplah ball valve 1.

-            Untuk melakukan pengereman ketinggian, lakukan secara cepat penutupan ball valve 1 dan kemudian bukalah ball valve 2 secara cepat, lalu tutup kembali.

-            Bila Hidrolik Motor dan atau Hidrolik Mobil Type “H” atau Type “X”akan diturunkan, maka diwajibkan sebelum membuka ball valve 2, lakukan proses pembersihan kotoran pada piston dengan menggunakan air . Setelah piston terbebas dari kotoran seperti pasir, bukalah ball valve 2. Maka tekanan angin yang tadinya terperangkap di dalam tabung Hidrolik Motor dan atau Hidrolik Mobil Type “H” atau Type “X”akan langsung keluar melalui ball valve 2 tadi. Walaupun ball valve 2 dibuka lebar dan angin mendadak keluar secara kencang dan keras, hal ini tidaklah membahayakan. Karena kendaraan yang berada diatasnya, otomatis akan turun secara perlahan-lahan.

-            Bila ball valve 2 dibuka dan ditemukan adanya semburan oli, maka hal ini tidaklah membahayakan. Oli ini hanyalah oli sisa yang terperangkap di dalam pipa instalasi hidrolik. Oli ini nantinya akan habis dengan sendirinya.

 

Cara perawatan Hidrolik Motor dan atau Hidrolik Mobil Type H atau Type X:

-            Periksalah volume oli yang terdapat pada tabung Hidrolik Motor dan atau Hidrolik Mobil Type H atau Type X. Jika ternyata volume oli tersebut dirasa kurang, maka lakukan penambahan hingga penuh. Pergunakan oli bekas yang telah anda saring atau anda endapkan.

-            Periksalah bagian piston Hidrolik Motor dan atau Hidrolik Mobil Type H atau Type X. Jika permukaan piston kering, maka hal ini adalah normal dan Hidrolik Motor dan atau Hidrolik Mobil Type “H” atau Type “X”dalam kondisi baik, tapi jika dinding piston ini basah oleh oli, maka lakukanlah penggantian seal.

-            Biasakanlah membersihkan dinding piston sebelum piston tersebut diturunkan ke dalam tanah. Hal ini untuk mencegah terjadinya kerusakan pada dinding piston dan seal yang diakibatkan oleh pasir atau kotoran lainnya .

 

2.         Tabung Snow Wash 20 L & 40 L

Tabung Snow Wash adalah sebuah media untuk melakukan proses kimiawi antara air, shampoo dan tekanan angin. Hasil daripada proses ini berupa busa salju atau busa ice cream. Busa ini hanya dipergunakan untuk mencuci bagian body kendaraan saja. Karena busa ini tidak dapat mengangkat lemak atau minyak atau oli yang melekat pada bagian kendaraan.

Cara kerja Tabung Snow Wash:

-            Masukkan shampoo dan air yang terlebih dahulu telah diaduk di dalam ember.

-            Masukkan hingga penuh.

-            Tutup seluruh kran pada Tabung Snow Wash.

-            Buka kran yang menghubungkan antara kompresor dengan Tabung Snow Wash.

-            Biarkan tekanan angin mengalir secara terus-menerus.

-            Buka kran output Tabung Snow Wash, maka busa salju siap dipergunakan.

 

Cara perawatan Tabung Snow Wash:

-            Cuci dan keringkan body Tabung Snow Wash setelah selesai dipergunakan.

-            Keluarkan tekanan angin dari dalam Tabung Snow Wash, melalui kran pemasukan shampoo dan biarkan krannya terbuka, jangan lupa untuk menutup kran angin yang menghubungkan antara tabung dengan kompresor angin.

-            Jika komponen accessories pada Tabung Snow Wash sudah tidak berfungsi secara normal, segera lakukan penggantian. Komponen ini dapat dibeli di toko material terdekat.

-            Jika didapati kebocoran pada bagian tabung, bawa tabung ini ke bengkel las yang bisa melakukan pengelasan stainless steel.

 

3.         Mesin Power Sprayer Sanchin 20 & 30

Mesin Power Sprayer Sanchin atau sering disebut dengan nama Mesin Steam adalah sebuah alat semprot air yang berfungsi untuk membantu proses pencucian motor atau mobil. Alat ini bertekanan cukup tinggi. Alat ini mempunyai 2 output. Akan tetapi dianjurkan hanya mempergunakan 1 output saja. Hal ini untuk mempertahankan agar tekanan air yang dihasilkan tetap maksimal. Mesin ini membutuhkan mesin penggerak agar dapat bekerja sebagaimana mestinya. Mesin penggeraknya bisa menggunakan mesin bensin atau dynamo listrik.

Cara kerja mesin steam:

-            Siapkan air dalam sebuah tangki air atau drum.

-            Masukkan oli mesin pada mesin steam.

-            Pasang semua selang yang sudah disediakan.

-            Masukkan selang ukuran ¾” dan ½” ke dalam bak penampungan air.

-            Buka kran ¼ (kran output).

-            Hidupkan mesin.

 

Cara perawatan mesin steam:

-            Jika tekanan air sudah tidak kencang lagi atau jarum pada alat ukur tekanan air tidak stabil, maka lakukanlah pengecekan pada seal dan per yang terdapat pada mesin steam. Lakukan penggantian seal dan per jika ditemukan kerusakan. Setelah itu pasang kembali. Lalu hidupkan mesin.

-            Jangan memacu mesin steam terlalu kencang. Maksimal yang diperbolehkan adalah hingga jarum pada alat ukur menunjuk pada angka 40. Lebih daripada ini akan mengakibatkan kerusakan pada mesin steam.

-            Biasakan matikan mesin steam jika sudah tidak dipergunakan lagi. Jangan hanya menutup kran output atau gun steam saja, tetapi mesin tetap hidup. Hal ini akan mengakibatkan kerusakan pada mesin steam. Walaupun kenyataannya mesin ini sudah dilengkapi dengan over load water preasure.

 

4.         Engine Honda Thailand dan Green

Mesin ini adalah mesin penggerak berbahan bakar bensin. Cara perawatan mesin ini sama saja seperti anda merawat sepeda motor anda. Lakukanlah penggantian oli secara periodik dan pergunakan bensin tanpa timbal untuk menjaga kinerja mesin agar tetap optimal.

Jika terjadi kerusakan pada mesin, dan anda tidak dapat memperbaikinya sendiri, bawa mesin ini ke bengkel motor terdekat. Sparepart yang dipergunakan sama seperti sparepart sepeda motor. Jika di daerah anda tidak menemukan sparepart untuk mesin ini, maka silahkan kirimkan contoh sparepart tersebut kepada kami, maka kami akan membantu anda dalam memperoleh suku cadangnya.

 

5.         Dynamo MULTIPRO

Mesin ini adalah juga mesin penggerak. Hanya saja mesin ini menggunakan tenaga listrik. Mesin ini memiliki switch overload protector. Yang akan bekerja pada saat dynamo kelebihan beban. Alat ini berfungsi memutus aliran listrik yang masuk ke dalam dynamo yang akhirnya akan membuat dynamo tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Dynamo ini hadir dengan 2 type, yaitu:

-          Type A dilengkapi dengan 2 kapasitor, yaitu kapasitor starting dan kapasitor running

-          Type B dilengkapi dengan 2 kapasitor starting, tanpa kapasitor running.

Indikasi apabila kapasitor ini rusak, adalah tidak bekerjanya dynamo sebagaimana mestinya dan switch overload protector akan bekerja. Lakukan penggantian kapasitor sesegera mungkin. Karena jika dibiarkan, hal ini bisa merusak gulungan pada dynamo.

 

6.         Kompresor Angin Multipro

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum menghidupkan kompresor:

-            Periksalah oli pada kompresor. Jangan sekali-kali menghidupkan kompresor dalam keadaan kompresor tanpa oli. Hal ini akan mengakibatkan macet pada piston dan membatalkan garansi resmi.

-            Jika kompresor tiba-tiba tidak berfungsi padahal tekanan angin belum mencapai puncaknya, periksalah pada bagian dynamo. Keterangan lebih lanjut mengenai dynamo ini dapat anda baca pada uraian no. 5 diatas.

-            Biasakan membuang air yang ada di dalam tabung kompresor setiap hari dengan cara membuka katup pembuangan yang ada di bagian bawah tabung kompresor.

 

7.         Biang/Konsentrat Ice Cream Shampoo

Biang/Konsentrat Ice Cream Shampoo adalah formula terobosan terbaru yang kami produksi. Menurut hasil uji coba kami, per 100 ml Biang/Konsentrat Ice Cream Shampoo dapat dipergunakan untuk mencuci motor rata-rata sebanyak 20 unit. Akan tetapi perhitungan ini bisa saja meleset dikarenakan si operator menggunakan terlalu banyak busa ice cream untuk mencuci kendaraan.

Cara pemakaian Biang/Konsentrat Ice Cream Shampoo:

-          Siapkan 10 liter air pada ember besar.

-          Tuangkan 100 ml Biang/Konsentrat Ice Cream Shampoo.

-          Aduk secara perlahan hingga merata.

-          Masukkan adukan ini ke dalam Tabung Snow Wash.

 

8.         Semir Ban

Cara pemakaian Semir Ban:

-          Cuci dan keringkan permukaan ban yang ingin beri cairan Semir Ban.

-          Oleskan Semir Ban pada permukaan sisi kiri dan kanan ban.

-          Semir Ban ini jangan digunakan untuk memoles body kendaraan kecuali pada bagian dashboard yang warnanya hitam dop.

Thu, 19 Jun 2014 @08:29

Copyright © 2014 Jakarta Teknik · All Rights Reserved
powered by sitekno